Home / Otomotif / Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Yang Pincang

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Yang Pincang

Mesin mobil akan bekerja jika 2 komponen penting bahan bakar dan pengapian bekerja dengan optimal, jika ada salah satu dari dua komponen tersebut yang bermasalah maka otomatis mesin juga akan bermasalah yang sering disebut dengan mesin mobil pincang, pincang yang dimaksud disini adalah mesin yang normalnya bekerja dengan normal dan putarangnya halus seberti biasanya, menjadi kasar dan menghasilkan getaran yang lebih besar dan tenaganya berkurang dari sebelumnya. Apa saja penyebab mesin ini bisa pincang, dan berikut penjelasanya dan cara mengatasinya.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Yang Pincang

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Yang Pincang

 

Mesin mobil pada umumnya menggunakan 3 sinlinder, 4 silinder, dan 6 silinder jika salah satu silinder yant terdapat pada mesin mobil anda tidak bekerja maka kesetabilan mesin anda akan berubah dan menjadi pincang, biasanya penyebabnya dari busi yang terdapat disalah satu silinder mati, sehingga salah satu silinder tidak mengalami pembakaran.

A. Mesin Pincang Dikarenakan Busi atau Kabel Busi Yang Rusak

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Yang Pincang

Untuk masalah pada busi kamu bisa mengeceknya satu persatu dengan cara membongkaran busi dan mengecek secara manual apakah pada ujung masing masing busi basah, jika terdapat basah, ini dikarenakan campuran dari bahan bakar yang tidak terbakar sehingga dapat membasahi ujung busi, maka anda bisa mengganti busi yang basah tersebut dengan busi yang baru dan hidupkan kembali apakah sudah normal atau belum. Jika belum anda harus melalukan pengecekan lebih lanjut untuk memastikan silinder sebelah mana yang bermasalah.

Pertama anda hidupkan mesin anda yang pincang, dan jangan lupa menggunakan sarung tangan karet untuk keselamatan anda, perhatikan getaran mesin anda lalu cabut salah satu kabel busi dari busi coba anda perhatikan apakah getaran mesin tersebut bertambah pincang maka keadaan dalam silinder itu normal, lakukan ini pada satu persatu kabel busi sampai anda menemukan keadaan dimana saat anda melepas kabel busi tersebut namun getaran pincang pada mesin tidak bertambah dapat dipastikan silinder tersebut tidak normal.

Solusi untuk perbaikannya sulahkan anda memeriksa kabel businya jika sudah bermasalah silahkan menggantinya dengan yang baru, jika masih belum berhasil silahkan anda lanjut kepemeriksaan selanjutnya. Selain kabel dan busi, disistem pengapian juga terdapat koil yang juga bisa bermasalah. saat ini sudah ada mobil yang menggunakan satu koil pada setiap silindernya maka jika salah satu kolinya bermasalah bisa juga menyebabnya mensin mobil pincang. cara mengatasinya sama seperti memeriksa kabel busi yaitu dengan memeriksanya satu persatu.

B. Mesin Pincang Dikarenakan Sistem Bahan Bakar

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Yang Pincang

Sistem baham bakar pada kendaraan dibagi menjadi dua yaitu sistem bahan bakar kontroversia (karburator) dan ijeksi, sitem kontroversia masih menggunakan karburator manual untuk mencampur bahan bakar dan udara, sedangkan sistem injeksi sudah mengguakan komputer untuk mengatur pasokan bahan bakar dan udara yang akan masuk kedalam silinder.

Mesin yang pincang dikarenakan sistem bahan bakar biasanya terjadi pada mesin yang sudah menggukan sistem ijneksi yang dimana penyebabnya adalah salah satu dari injektor sudah tidak berfungsi dengan normal atau juga tersumbat kotoran sehingga tidak dapat menyuplai bahan bakar secara maksimal.

Cara memerikasanya lepas satu persatu socket atau konektor yang masuk ke injektor yang bertujuan untuk mematian kerja injektor dan perhatikan silinder mana yang berubah getaran mesinyan, maka yang berubah getarnya itulah yang bermasalah, silahakn anda membongkar injektornya dan bersihkan menggunakan cairan khusus yaitu injector cleaner.

Jika dalam sistem bahan bakar kontroversial (karburator), tidak bisa mengatur pasokan bahan bakar yang masuk ke silinder karena terdapat vacum, namun tetap ada silisih walaupun itu sangat sedikit. Jadi penyebab mesin pincang pada sistem kontroversial umunnya hanya terdapat pada sistem pembakarang namun pada sistem injeksi bisa karena kedua faktor tersebut.

C. Mesin Pincang Dikarenakan Tekanan Kompresi Yang Menurun

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Yang Pincang

Tekanan pada kompresi yang tinggi atau normal itu merupakan salah satu faktor terjadinya pembakaran yang sempurna, kompresi pada mesin bisa menurun dikarenankan melemahnya ring piston dan kerusakan yang terdapat pada dinding silinder, pada setiap mesin mobil tingkat kompresi memiliki ukuran tersendiri. Seandainya salah satu silinder mesin anda mengalami penurunan kompresi yang parah sudah pasti mesin anda akan pincang, sulusi untuk mengatasinya ialah melakukan pengetesan kompresi dengan alar compression tester.

Dengan cara memasang compression tester pada lubang busi jangan sampai miring, karena itu akan merusak ulir pada alat dan silinder, dan pastikan terpasang dengan kencang atau tidak ada kebocoran. lalu starter mesin minimal 250 rpm atau batrai dalam keadaan sehat, lakukan ini pada setiap silinder lalu lihat hasilnya dan bandingkan silinder mana yang bermasalah.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Mesin Mobil Kurang Bertenaga Atau Ngempos

Nah itu dia sedikit cara untuk mengatasi mesin mobil yang pincang.  Jika anda memiliki masalah yang lain seputar otomotif silahkan bertanya melalui kolom komentar yang tersedia dibawah. dan semoga bermanfaat untuk kita semua terimakasih.

About Arif Arif

Check Also

Mobil Listrik buatan ITS

Info Terbaru Mobil Listrik buatan ITS Siap Lomba Reli

Info Terbaru Mobil Listrik buatan ITS Siap Lomba Reli Info Terbaru Mobil Listrik buatan ITS …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *