Home / Otomotif / Modifikasi Warna Cat Motor Matic Terbaru 2018

Modifikasi Warna Cat Motor Matic Terbaru 2018

Modifikasi Warna Cat Motor Matic Terbaru 2018 || Halo para pecinta otomotif kembali bertemu dengan saya di tenarkan. pada pertemuan kali ini saya ingin membagikan gambaran tentang modifikasi warna cat untuk motor matic khususnya namun juga bisa kamu terapkan pada jenis motor lainya seperti motor bebek bahkan motor sport. Modifikasi warna adalah suatu kegiatan seni warna atau cat yang kamu ekspresikan terhadap kendaraan kamu yang bertujuan mempercantik atau memperkeren kendaraan sehingga enak dilihat, menarik perhatian dan beda dari yang lainya tentunya.

Modifikasi Warna Cat Motor Matic

Modifikasi Warna Cat Motor Matic Terbaru 2018

Biasanya modifikasi ini dilakukan oleh orang orang kreatif yang memiliki jiwa seni yang tinggi untuk menghasilkan hasil yang bagus, karena untuk hasil yang memuaskan kita harus tau paduan warna apa yang cocok dan enak untuk dipandang, bukan hanya sekedar dicat lalu selesai. Jika kamu ingin memidifikasi warna motor, sebaiknya kamu buat terlebih dahulu sketsa atau gambaran modifikasi motor kamu, nah jika kamu sudah menemukan gambarannya sekarang kamu siapkan bahan bahan untuk mengecat body motor kamu.

Bagi kamu yang belum menemukan gambaran seperti apa motif untuk memodifikasi motor kamu, dibawah saya juga menyediakan contoh gambar modifikasi warna cat motor matic. dan sedikit tips cara mengecat body motor.

Baca juga : Cara Mengatasi Mesin Diesel Yang Masuk Angin

Tips dan cara mengecat body motor/airbrush

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

  • Cat
  • Amplas
  • Dempul
  • Epoxy
  • Tinner
  • Clean Coat
  • Kompot atau kit

Alat yang digunakan:

  • Kompresor
  • Selang angin
  • Sped cat

Jika semua bahan dan alat sudah ada sekarang kamu siapakan ruangan untuk mengecat, misalnya digudang atau digarasi, lapisi juga dinding yang ada diruangan tersebut dengan plastik atau terpal agar tidak terkena cat saat proses pengecatan. Dan jangan lupa sediakan kipas angin untuk menyedot bau dan partikel yang ada pada cat.

Berikut langkah-langkah pengecatan.

Lepas Bagian Body Motor Yang Akan Dicat

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melepas semua bagian body yang ingin kamu warnai yang bertujuan agar bagian lain yang tidak dicat tidak terkeca semprotan cat, dan kalau kamu ingin mengecat sasis nya juga maka kamu harus menurukan mesinya terlebih dahulu yang bertujuan sama dengan pelepasan body.

Proses Pengamplasan

Sesudah kamu melepas semua bagian yang ingin kamu cat, sekarang kamu haluskan dengan menggunakan amplas yang sudah kamu sediakan, amlas secara halus dan merata saja.

Pemnyemprotan Epoxy

setelah semua bagian telah diamplas halus, selanjutnya kamu bisa menyemprotkan epoxy yang sudah dicampur dengan tinner, tapi campuran nya jangan terlalu kental atau encer, karena fungsi epoxy untuk menutupi pori-pori agar permukaan yang akan dicat menjadi halus dan merata dan diamkan sampai mengering, jika masih ada pori-pori yang terlihat silahkan kamu haluskan menggunkan amplas ukuran 120 atau 360 dilanjutkan dengan ukuran 400 atau lebih untuk hasil yang lebih halus.

Dempul

Jika epoxy sudah kering, sekarang lanjut keproses pendempulan. Dalam proses ini cukup mudah untuk dilakukan, kamu tinggal melapisi bagian yang di semprot epoxy yang kurang rata menggunakan dempul hingga body lebih halus dan rata dan tunggu sampai mengering.

Cat Dasar

Setelah dempul mengering sekarang lanjut ke pengecatan menggunkan cat dasar yang berwarna putih, semprotkan cat dasar secara merata dan jangan terlalu tebal pada bagian motor yang ingin kamu cat dan kemudian gunakanlah clear coat, Setelah clear coat telah kering amplaslah menggunakan amplas basah ukuran 600, lalu kamu akan bisa melihat lubang atau pori dari clear coat, kemudian amplas sampai pori samar atau menghilang.

Proses Pengecatan Warna

Sesudah cat dasar kering, sekarang saat nya kamu mengecat bagian motor kamu yang ingin di warnai menggunakan warna cat yang sudah kamu sediakan. Dalam proses pengecatan ini jangan sampai menyemprotkan cat terlalu tebal karena akan mengalir kebawah akibat terlalu tebal dan hasilnya pun menjadi kurang rajin atau tidak bagus, cukup kamu cat tipis tapi halus dan merata.

Jika kamu akan melakukan airbursh, sesudah cat dasar kering inilah saat nya kamu menggambar atau menuangkan karya seni mu diatas cat dasar. setelah kamu menggambar pola pada cutting sticker.

Sekarang kamu tempelkan cutting sticker tersebut pada bagian yang ingin diwarnai lalu semprotkan cat secara halus dan merata, atau juga kamu bisa langsung menggambarnya tanpa cutting sticker, namun ini memerlukan ketelitian yang tinggu untuk menghasilkan gambar yang rapi dan keren.

Setelah selesai menggambar tutuplah menggunakan proses pengaplikasian clear coat lagi 1 hingga 2 lapis untuk mengubur gambar tersebut. Jika dirasa sudah halus, lalu rapikanlah dengan Amplas ukuran 1500, apabila anda ingin hasil lapisan yang lebih lembut dan mengkilap lanjutkan menggunakan ukuran 2000.

Proses Pemolesan Menggunakan Kompon

Proses yang terahir adalah memoles body menggunakan kompon, gunakanlah kompon halus untuk menghilangkan debu atau clear coat yang kurang halus akibat proses pengamplasan tadi, setelah cukup licin sekarang kamu bisa menggunkan obat poles untuk menimbulkan efek mengkilap dari kualitas clear coat yang kamu gunakan.

Nah itulah sedikit tips cara cat body motor dari saya semoga bermanfaat. Dan berikut contoh gambar modifikasi warna cat motor matic yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi kamu.

Itulah sedikit contoh gambar modifikasi warna motornya, dan semoga bisa menginspirasi kamu yang ingin memodifikasi motor, dan terimaksih.

About Arif Arif

Check Also

Cara Mengatasi Mesin Diesel Yang Masuk Angin Dengan Mudah

Cara Mengatasi Mesin Diesel Yang Masuk Angin Dengan Mudah

Cara Mengatasi Mesin Diesel Yang Masuk Angin Dengan Mudah || Mesin deisel adalah mesin yang menggunakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *