Home / Teknologi / Mengatasi Laptop Lemot Dengan Cepat Dan Mudah

Mengatasi Laptop Lemot Dengan Cepat Dan Mudah

Cara Mengatai Laptop Lemot Dengan Cepat ||  Di sini saya akan memberikan seikit tips mengatasi laptop lemot, Langkah langkah ini bisa kalian lakukan dengan mudah dan cepat. Karena cara mengatasi laptop lemot ini sudah terbukti work 100% ampuh untuk mengubah laptop lemot, lambat kembali berjalan normal atau cepat. Karena memang laptop yang kita pakai juga memperlukan perawatan khusus layaknya manusia, karena hal itu laptop juga membutuhkan istirahat dan perawatan khusus, terutama perawatan di bagian software dan hardware.

Pengguna laptop sekarang ini bisa di bilang udah cukup banyak malah hampir semua orang memakai laptop. karena laptop memiliki bentuk yang minimali dan model yang mudah di bawa kemana mana. Jika di bandingkan dengan pc yang memiliki bentuk besar dan berat.

Tapi layaknya produk elektronok yang lainya, laptop juga bisa mengalami penurunan performa walaupun memiliki spesifikasi yang di pasang sudah bagus dan apik, jika hal ini sudah terjadi tentu hal ini akan membuat masalah pada kita. Seperti halnya laptop lemot, siapa yang tak kesal coba memiliki laptop yang lemot. seharusnya bisa membantu kita lebih cepat malah laptop kita tidak bisa di gunakan untuk cepat.

Apa lagi laptop yang seharusnya bisa membantu kita untuk mengerjakan tugas kuliyah, kantor dan sekolah malah laptop kita tidak dalam performa yang cepat atau tinggi. karena hal inilah di isni saya akan memberikan sedikit cara mengatsi laptop atau komputer lemot atau sering lag.

Di sini sebelum ke pembahasan tentang bagai mana cara mengastasi komputer lemot atau lag alangkah lebih baiknya jika kalian semua mengatahui apa saja yang menjadi penyebab laptop atau komputer kita menjadi lemot atau lag. Berikut ini penyebab laptop menjadi lemot :

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Cepat

1. Spesifikasi Laptop Tidak Sesuai

Sepesifikasi laptop yang tidak sesuai dengan Os yang kalian install pada laptop kalian, hal ini bisa membuat laptop kalian menjadi lemot. Windows 10 misalnya mengharuskan RAM minmal 1 GB dan space hardisk minimal 16 GB untuk versi 32 bit.

Ketika Ram, kecepatan processor, atau juga VGA laptop kalian  hanya memenuhi spesifikasi standar apalagi kurang tentu saja laptop kalian akan menjadi lemot. Selain itu, jika kebutuhan pekerjaan kalian semua menuntut kinerja laptop yang tinggi seperti desain grafis, atau game maker, sedangkan spesifikasi laptop kalian hanya standar saja, maka laptop kalian juga akan terasa sangat lemot ketika kalian pakai.

2. Kapasitas RAM Tidak Mencukupi

RAM (Random Acces Memory) berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara data/ instruksi dari processor laptop atau komputer. Jika memori RAM kurang, data/ instruksi dari processor tidak dapat disimpan dengan benar karena ruang memori yang terbatas. Akibatknya komputer menjadi lemot, program yang dijalankan mengalami crash sehingga laptop menjadi hang karena hal tersebut.

3. Program Startup Dan Service Telalu Banyak

Ketika kalian pertama kali menyalakan laptop, akan ada sejumlah layanan/ service serta program yang langsung berjalan secara otomatis saat startup (program startup). Jika terlalu banyak, program – program startup serta service ini akan menyebabkan proses loading windows menjadi lama sehingga menjadi laptop kalian menjadi lemot.

4. Appearance and Personalitazion

Desktop background yang berupa animasi atau gambar/ foto yang berganti setiap beberapa menit apalagi beberapa detik sekali akan menyebabkan beban kerja laptop kalian bertambah. Akibatnya kinerja laptop kalian akan menjadi lebih lambat. JIka kalian menggunakan desktop background berupa animasi, sebaiknya ganti menjadi gambar/ foto saja. atur pula durasi pergantian foto. Minimal beberapa jam sekali atau sehari sekali lebih baik. karena hal tersebut bisa membuat laptop kalian menjadi lambat untuk berjalan.

5. Junk Files (Sampah)

File yang kalian hapus dari drive pada hardisk biasanya akan tersimpan di recycle bin, kecuali file tersebut berukuran cukup besar atau kalian menghapusnya secara permanent (shift + deleted). File yang menumpuk di recycle bin tersebut lama kelamaan akan memenuhi ruang pada hardisk jika kalian  tidak pernah menghapusnya.

6. Program Yang Diinstall Terlalu Banyak

Saat membeli laptop, biasanya laptop telah diisi berbagai program yang kadang kala tidak kita gunakan atau sama sekali tidak kita kenal. Malahan mungkin program yang kita perlukan belum terinstall, jadi kita harus menginstallnya sendiri di rumah. Namun perlu kalian ketahui bahwa banyaknya program yang terinstall pada laptop akan mempengaruhi kinerja laptop kalian semua.

7. Program Terlalu Berat

Dalam memilih program untuk di install, pilihlah versi yang sesuai dengan spesifikasi laptop kalian. Sama seperti OS, program aplikasi juga memiliki spesifikasi minimal penggunaannya. jika kalian melebihi kapasitas maka laptop kalian akan menjadi lemot dan lambat.

8. Multitasking Terlalu Banyak

Windows memampukan kita untuk melakukan multitasking atau menjalankan beberapa program sekaligus secara bersamaan. Namun jika menjalankan program terlalu banyak, bisa menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat dan lemot.

9. Virus

Laptop atau komputer yang terkena virus bisa menyebabkan kinerja laptop kalian menjadi lambat. Hal tersebut bisa terjadi jika virus telah menyerang sistem pada laptop kalian.

10. Kapasitas Hardisk Penuh

Hardisk  Laptop kalian yang penuh akan menyebabkan aliran data menjadi lambat, sehingga kinerja laptop menjadi lambat.

11. Hardisk Perlu Di Defrag

Data dalam hardisk laptop atau komputer yang berantakan dan tidak tersusun rapi juga akan menyebabkan laptop menjadi lambat atau lemot.

12. Overheat

Laptop atau komputer yang mengalami overheat akan mempengaruhi kinerja seluruh komponen laptop. Jika terlalu panas, laptop akan menjadi lambat atau lemot, hang atau bahkan mati secara tiba-tiba. Overheat juga berpotensi membuat komponen hardware komputer atau laptop mengalami kerusakan.

Itulah sedikit penyebab laptop atau komputer menjadi lambat atau lag saat kita gunakan, jika kalian semua tidak ingin laptop kalian menjadi lambat silahkan kalian semua lanjut untuk membaca artikel ini sampi habis, karena di sini saya sebagai penulis memberikan penyebab lapto lag atau lemot, di sini saya juga akan memberikan solusinya, Maka dari itu ikuti terus artike ini samapai habis.

Nah dari pada kelamaan langsung saja kita ke pokok pembahasannya, yaitu cara mengatasi laptop atau komputer lag atau lemot, semoga artikel ini bisa membantu kalian semua.

Mengatasi Laptop Lemot Dengan Cepat

Mengatasi Laptop Lemot Dengan Cepat

Ketika laptop kalian semua sedang dalam keadaan lambat atau lemot, saya sarankan kalian untuk selalu tenang dan bersabar, karena hal tersebut bisa saja membuat kita merasa jengkel dan marah pada laptop kita, bahkan ada juga yang sampai merusak laptopnya. Berikut ini cara yang harus kalian lakukan :

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Berguna

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Cepat

Jika kita sudah memiliki laptop, terkadang kita ingin mencoba berbagai aplikasi yang menurut kita akan berguna untuk digunakan. Namun, jika kita terlalu terlalu banyak menginstall aplikasi pada laptop kita, kapasitas penyimpanan pada Drive C akan menjadi penuh dan membuat sistem terlalu lama dalam membaca hard disk.

Efek jangka panjangnya, tentu saja akan menyebabkan pembacaan data yang ada dalam hard disk menjadi lebih lama dari biasanya. Untuk mengatasinya, cara paling ampuh adalah dengan melakukan uninstall terhadap aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan kita gunakan.

Baca juga : Pertolongan Pertama Ketika Laptop Jatuh Dan Menghantam Lantai

Coba seleksi mana saja aplikasi yang jarang kalian pakai. Kalian bisa cek juga aplikasi yang tidak sengaja terinstall ketika sedang melakukan browsing, lalu ketika melakukan download konten dari website tertentu, atau pada saat melakukan install ulang.

Pakai aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kalian saja, karena sangat sayang jika sampai memori penuh karena aplikasi yang sering menganggur pada laptop kita.

2. Cek Data dengan Menggunakan Antivirus

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Ceapat

Menjadi  salah satu alasan klasik kenapa perangkat laptop menjadi lemot adalah karena terkena virus atau malware. Layaknya manusia, laptop juga bisa terkena penyakit yang berakibat pada menurunnya performa laptop kita semua.

Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk memasang antivirus pada laptop. Selain itu, selalu update antivirus kalian agar berbagai macam virus dapat terbaca dengan antivirus yang sudah kalian diinstall tersebut.

3. Pakai Aplikasi Sesuai Dengan Kemampuan Laptop

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Ceapat

Sebelum membeli laptop, kalian semua harus sudah tahu spesifikasi dari laptop yang dimilikinya. Hal ini untuk membantu pemilik untuk menilai apakah aplikasi yang ingin dimasukkan ke dalam laptop sudah sesuai dengan spesifikasinya atau tidak.

Jangan dikira semua laptop bisa menjalankan berbagai aplikasi semau kita. Contohnya, kita menginstall game berat favorit padahal spesifikasi prosesor dan RAM tidak memadai. Apabila tetap memaksa memasang aplikasi itu di laptop kalian, maka jangan heran suatu saat laptop kalian akan menjadi lemot.

4. Buka Aplikasi yang Diperlukan Saja Ketika Laptop Berjalan

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Ceapat

Memaksakan kinerja RAM pada laptop dengan menyalakan aplikasi secara berlebihan juga menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Sebagai contoh, ketika kita sedang bermain game, kita sering ikut membuka aplikasi pemutar musik secara bersamaan. Padahal, pemrosesan game saja sudah berat, tapi masih ditambah dengan pemutar musik hal itu akan membuat ram atau hardisk laptop kita menjadi bekerja extra keras.

Sesuaikan penggunaan aplikasi dengan spesifikasi laptop kalian. Atau, kalian bisa mengaktifkan task manager untuk mengontrol penggunaan RAM pada saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

5. Bersihkan Desktop Dan Aplikasi Saat Proses Startup Laptop

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Ceapat

Menaruh banyak aplikasi di desktop laptop atau komputer kita juga bisa menjadi penyebab lain kenapa laptop kalian menjadi lemot atau lambat. Bila kalian menggunakan laptop dengan spesifikasi besar, maka hal ini tidak akan menjadi masalah. Tetapi terkadang kita menaruh terlalu banyak aplikasi pada desktop menyebabkan laptop terlalu lama dalam merespon perintah dari user.

Selain itu awasi juga aplikasi yang berjalan ketika laptop sedang dalam aktivitas startup. Walau aplikasi yang berjalan saat laptop startup adalah aplikasi penting, seperti antivirus. Usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan ketika laptop startup, karena ini akan menyebabkan aplikasi tersebut menjadi working in background, yang diam-diam memakan kapasitas RAM pada laptop kalian.

6. Tambah Kapasitas RAM

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Ceapat

Cara ini termasuk cara ampuh untuk mengobati laptop lemot atau lag. Pada saat membeli laptop, terkadang untuk mengatasi masalah harga laptop RAM besar seperti laptop RAM 8GB atau laptop RAM 16GB yang mahal, kita sering ambil laptop dengan RAM 4GB dulu karena harganya yang lebih murah.

Jika suatu saat laptop menjadi lemot atau kalian sudah memiliki budget menambah RAM, maka kalian bisa membeli tambahan RAM untuk memperbaiki kinerja laptop. Tapi jangan asal menambah kapasitas RAM, perhatikan spesifikasi RAM (RAM DDR3, atau RAM DDR3L, serta RAM DDR4) dan juga kapasitas maksimal RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop kalian.

7. Jika Usia Laptop Sudah Cukup Tua, Lakukan Pembersihan Drive C

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Ceapat

Laptop Juga Layaknya manusia, jika laptop sudah berusia tua, biasanya di atas 3 tahun, kinerjanya pasti akan menurun. Untuk itu, salah satu solusinya adalah melakukan pembersihan drive C. Lakukan juga uninstall dari program dan juga aplikasi yang dianggap memberatkan kinerja laptop kalian untuk memperbaiki kinerjanya.

8. Reset Ulang Windows Atau Beralih Ke OS Yang Lebih Ringan

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Ceapat

Usia laptop yang sudah tua bisa juga mempengaruhi kinerja hardware saja, tapi juga software. Salah satu yang paling sering terpengaruh adalah sistem operasi (OS), terutama Windows, sistem operasi yang paling banyak digunakan pada laptop. Jika Windows sudah error, maka kinerjanya menjadi tidak bisa optimal atau sering crash.

Bila sudah terlalu parah, saya sarankan untuk mereset atau menginstall ulang Windows kalian. Tapi, kalau kalian tertarik, kalian juga bisa mengganti Windows ke OS lain yang lebih enteng, seperti Linux, ada banyak OS berbasis Linux yang beredar saat ini, tinggal kalian memilih yang menurutmu sesuai dengan laptop kalian.

Memang, harus diakui kalau Windows jauh lebih mendukung produktifitas dengan banyaknya fitur yang dibawa oleh windows tadi. Tapi setidaknya peralihan OS ini akan membuat kinerja laptop menjadi lebih baik dan menjadi cepat.

9. Pakaikan Thermal Paste Pada Prosesor

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Ceapat

Thermal Paste adalah pasta yang berguna untuk mendinginkan dan menjaga suhu pada prosesor agar tidak cepat panas. Dengan suhu prosesor yang stabil, tentunya akan membantu kinerja laptop menjadi lebih stabil juga dan tidak cepat lemot dan lambat.

10. Pakai Cooling Pad Atau Cooling

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Ceapat

Kalau perlu, gunakanlah perangkat cooling pad sebagai kipas tambahan yang bermanfaat untuk menjaga suhu laptop agar tidak terlalu panas dan bisa stabil. Dengan suhu laptop yang telalu panas, tentu membuat kemungkinan laptop menjadi lemot menjadi makin besar.

Selain itu, kamu juga bisa memakai vacuum cooler untuk menyedot keluar udara panas di dalam laptop. Alat ini juga sangat membantu menjaga suhu laptop pada saat laptop bekerja.

11. Ganti Memori HDD Menjadi SSD

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Ceapat

Salah satu penyebab laptop lemot adalah karena laptop masih menggunakan HDD yang memiliki kecepatan data relatif terlalu lambat. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kalian mengganti penyimpanan HDD di laptop ke penyimpanan SSD.

Cara ini dijamin ampuh, karena akan membantu proses booting jauh lebih cepat dan membuat laptop menjadi lebih rensponsif. Memang, harus diakui kalau harga SSD cukup mahal, tapi jika kamu ingin laptop menjadi tidak lemot, cara ini sangat bisa kalian pertimbangkan.

12. Pakai Aplikasi Pemacu Kinerja Laptop

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Ceapat

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan laptop menjadi lambat. Salah satunya karena kita yang tidak optimal dalam menggunakan laptopnya. Salah satu solusinya adalah kalian bisa menginstall software khusus yang berfungsi mendukung kinerja laptop agar menjadi lebih cepat lagi.

Ada banyak aplikasi dengan fungsi ini, sebut saja CCleaner, Razer Game Booster, IObit Advanced SystemCare, Advenced System Optimizer, dan lainnya. Tinggal kalian pilih aplikasi yang mana yang menurut kalian sesuai denagn laptop kalian.

Nah itulaah tadi sedikit rangkuman tentang cara mengatasi laptop atau komputer lemot atau lambat, semoga artikel yang saya berikan bisa membantu kalian dalam mengasti permasalahan yang sedang kalian hadapi. Terimakasih salam dari saya Aziz Ab.

About Aziz Aziz

Check Also

Tips Merawat Laptop Dengan Mudah Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Merawat Laptop Dengan Mudah || Pertemuan kali ini saya akan membahas tentang merawat laptop …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *