Home / Tutorial / Cara Mudah Riset Keyword Untuk Blogger Pemula

Cara Mudah Riset Keyword Untuk Blogger Pemula

Sebagai pembahasan perdana mengenai blog atau website kita harus mengenal terlebih dulu tentang mencari kata kunci (keyword), riset keyword sangatlah penting sekali untuk dilakukan karena jika salah dalam mengambil langkah untuk pertama kali maka selanjutnya juga akan semakin salah dan hasilnya web kalian tidak akan ada pengunjungnya.

Mau sudah capek-capek bikin artikel, membuat tampilan yang bagus tapi sepi dari pengunjung, enggak kan…? maka dari itu disini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya dalam menemukan kata kunci yang menurut saya sangat simple dan mudah di mengerti pastinya gratis.

kw

Semoga dengan membaca sedikit curhatan saya disini kamu menjadi lebih semangat lagi dalam ngeblog dan tidak malas-malasan lagi, tidak alasan lagi jika kamu sudah menemukan kata kunci utama maka kamu tidak akan kehabisan lagi ide untuk mencari keyword lainnya yang bisa dijadikan bahan untuk menulis.

8 Kesalahan Blogger Pemula Yang Tidak Melakukan Riset Kata Kunci

Menurut saya sangat wajib riset kata kunci dan harus dilakukan sebelum membuat blog ataupun artikel, jika tidak melakukannya maka menurut saya ada 8 kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemula atau newbie, seperti yang saya lakukan dulu waktu masih belajar.

  1. Artikel yang di buat tidak akan mempunyai bobot dan berkurangnya fokus
  2. Penargetan kurang maksimal walaupun jumlah artikel sangat banyak
  3. Jumlah kata atau isi dari artikel sangat sedikit (minimal 400 kata kalau saya)
  4. Membuat artikel dengan keyword yang berulang
  5. Sangat sulit untuk nangkring dan biasanya google agak lama untuk mengindex artikel tersebut
  6. Sangat sedikit kata kunci tidak mempunyai fariasi
  7. Niche atau jenis pembahasan akan rucah dan campur aduk
  8. Web yang kamu miliki akan sepi pengunjung

Keuntungan Jika Melakukan Riset Keyword Dengan Benar

  1. Niche blog akan teratur
  2. Artikel mempunyai urutan yang benar dan teratur
  3. Dapat dengan mudah naik di posisi pertama (page one)
  4. Sub-sub menu akan mudah di akses oleh pengunjung
  5. Mampu bersaing dengan keyword para pesaing
  6. Mempunyai kata kunci yang berlimpah dan tertarget
  7. Webiste akan menjadi ramai pengunjung

Sebenarnya masih ada banyak sekali keuntungan dari riset keyword di atas, namun tidak dapat saya tulis semuanya karena akan terlalu banyak kamu membaca dan akhirnya jadi males, bukannya semangat hehehehe baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja simak beberapa langkah yang saya lakukan di bawah ini.

NB : Sebelum melanjutkan jika kamu adalah MASTAH saya mohon dengan sangat hentikan sampai disini saja karena apa yang akan saya tulis sudah di pastikan kamu ketahui, Cara Mudah Riset Keyword Untuk Blogger Pemula yang saya buat ini hanya untuk para NEWBIE saja bukan untuk MASTER.

Langkah Pertama Kenali Jenis-Jenis Keyword

Sebelum kamu melakukan riset keyword gratis yang saya berikan alangkah lebih baiknya kamu ketahui dulu apa saja jenis keyword tersebut, dengan mengetahui jenis keyword yang kamu cari maka akan memudahkan saat menulis artikel.

  1. Short tail keyword
  2. Long tail keyword
  3. Keyword abadi
  4. Keyword musiman
  5. Keyword Turunan
  6. Buying Keyword

Tidak hanya ke enam keyword tersebut sebenarnya namun saya selalu berpegang dengan ke 6 jenis tersebut adapun yang lainnya hanya pengembangan saja setelah mengerti dan faham dengan tips riset keyword yang akan saya ceritakan di bawah.

1. Short Tail Keyword

Pada umumnya short tail keyword mempunyai persaingan yang sangat tinggi dan berat karena biasanya hanya terdiri dari satu atau dua suku kata saja contohnya:

“Pariwisata”
“Pengertian”
“Pariwisata murah”
“Pengertian ahli”
dan lain sebagainya

Jika kamu mempunyai ilmu SEO yang mumpuni dan sudah setingkat dewa maha barata maka akan mudah bersaing dengan keyword pendek seperti di atas, namun jika masih pemula saya sarankan jangan sekali-kali mencoba, capek bos… biar pakar seo saja kamu gaka kan kuat.

2. Long Tail Keyword

Sedangkan untuk Long Tail Keyword merupakan bentuk kepanjangan dari short tail keyword, makanya di sebut long artinya panjang seperti contoh ini:

“Daftar tempat pariwisata murah”
“Kumpulan pengertian SEO menurut para ahli”

Dengan menggunakan long tail keyword maka kamu akan dengan mudah untuk bersaing di mesin pencari seperti google misalnya, karena persaingannya pun akan semakin rendah.

Namun kelemahan long tail keyword yaitu kamu akan mendapatkan sedikit traffic tidak seperti short tail keyword, tapi itu semua tidak menjadi masalah karena masih pemula yang penting kan bisa nangkring di page one dulu.

Nanti kalau sudah berjalan dan mengetahui seluk beluk persaingan keyword dll saya yakin kamu akan siap untuk maju dengan menggunakan keyword pendek.

3. Keyword Abadi

Namanya udah agak ngeri nih Keyword abadi, apasih yang dimaksud dari kw abadi ini…? KW abadi yaitu sebuah kata kunci yang sangat umum digunakan dan setiap orang mengalaminya.

Sebagai contoh :

“cara menyembuhkan sariawan”

Keyword di atas merupakan salah satu kata kunci abadi yang hampir setiap manusia pernah mengalami yang namanya sariawan, bukan sari dan wawan ya, kasian yang masih jomblo.

4. Keyword Musiman

Jenis kata kunci yang satu ini merupakan kebalikan dari kw abadi yaitu keyword yang hanya akan ramai dan populer sesaat saja dan hanya waktu itu saja.

Sebagai contoh :

“Hari kemerdekaan Indonesia”
“Hari raya idul fitri”
“Hari raya kurban”
Dll

Pasti kalian sudah ngerti kan perbedaan antara kw abadi dan kw musiman, kalau belum ngerti juga coba di baca ulang dari atas hehehehe.

5. Keyword Turunan

Kw Turunan merupakan salah satu jenis keyword yang harus kamu ketahui, kenapa harus di ketahui…? karena kw utama akan sangat terbantu sekali dengan kw turunan.

Contohnya yaitu :

Keyword utama : “Hari raya kurban”
Keyword turunan : “Pengertian hari raya kurban tahun ini”

Bisa di artikan bahwa keyword turunan adalah pengembangan dari keyword utama yang menjadikannya lebih berfareasi dan lebih mudah untuk bersaing di page one.

6. Buying Keyword

Buying keywod adalah suatu kata-kata atau prosa kata yang bertujuan untuk membujuk dan juga merayu agar pembaca tertarik dengan apa yang kita sajikan misalnya.

“Ayo silahkan coba tiket murah pariwisata PT.duasatutiga dengan jasa kami”

Kw utama : “tiket murah pariwisata Pt…..”
Kw Buying : “Ayo silahkan coba”

Dengan menggunakan buying keyword yang benar dan tepat pembaca akan tertarik dengan apa yang kita tawarkan untuk mereka.

Saya rasa sudah cukup faham kan dengan apa yang saya ceritakan di atas…? jika belum jangan dilanjutkan dulu silahkan baca ulang lagi sampai faham dan setelah faham ayo lanjutkan lagi ke langkah yang paling penting yaitu.

Artikel Terkait : Cara Membuat Blog Untuk Pemula

2 Cara Mudah Riset Keyword Untuk Blogger Pemula

Untuk melakukan pencarian keyword yang dapat tertarget dan ampuh yang saya lakukan hanya menggunakan beberapa cara saja, cara ini mungin berbeda dengan yang lainnya la wong namanya juga pengalaman pribadi.

Sebelum membuat website langkah pertama yaitu menemukan ide atau niche blog sebagai contoh kamu suka tentang tutorial atau cara mudah maka silahkan di pikir-pikir dulu dengan santai dan temukan domain yang sesuai dengan topik untuk blog kamu nantinya.

Baiklah saya contohkan tentang “Cara Mudah”

Setelah menemukan benih keyword utama website kamu langkah sleanjutnya mencari long tail keywordnya untuk caranya simak penjelasan berikut ini.

1. Menggunakan Pencarian Google

Entah apa namanya yang penting ngerti aja ya caranya buka browser dan ketik Keyword Utama kamu.

Kw utama : cara mudah”
Kw Turunan : cara mudah belajar bahasa inggris”

cara gampang

Setelah kita menargetkan kata kunci utama dan kata kunci turunan maka yang harus kamu lakukan yaitu melihat persaingannya keyword tersebut sebagai contoh

all in title “cara mudah belajar bahasa inggris”

pencarian masih banyak

Maka kamu akan mendapatkan banyaknya persaingan dengan kata kunci tersebut, dengan mengetahui jumblah persaingan maka kamu bisa ikut andil bersaing.

Yang jadi pertanyaan berapa sih maksimal persaingan yang mudah untuk bisa bersaing di page one…?

Menurut pengalaman dan penerapan yang saya lakukan yaitu di bawah 500 website pesaing jangan sampai lebih kalau bisa sih kurang, lebih sedikit lebih mudah untuk artikel kamu masuk di urutan pertama.

Jika dilihat di atas masih terlalu berat persaingannya, maka perlu adanya penambahan kata untuk dijadikan judul artikel yang ingin di publikasikan contoh

all in title “cara mudah belajar bahasa inggris dengan cepat”

cepat bahasa

Nah disini kita mendapatkan persaingan di bawah 500 maka judul tersebut siap untuk di jadikan sebuah artikel, dan jangan lupa sisipkan buying keywordnya seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

2. Menggunakan Extensions Chrome Keywords Everywhere

Untuk menggunakan ekstensi ini kamu harus login dulu di chrome dan login di keywords everywhere tersebut, notifikasi aktifasi akan dikirimkan melalui email, ekstensi ini gratis dan tidak di pungut biaya jadi aman deh, untuk linknya silahkan disini =>> Chrome Keyword Everywhere

Setelah terinstall dan sudah aktif langsung saja ketik keyword utama kamu di browser yang sudah terinstall plugin di atas, maka secara otomatis akan ada kolom di kanan pencarian tentang keyword, volume dan cpc.

Setelah menemukan kw turunan silahkan klik pada daftar keyword maka akan terbuka tab baru dan disitu kamu akan mendapatkan banyak kata turunan yang bisa kamu jadikan artikel namun perlu di ingat kembali pilih keyword yang pencariannya kecil di bawah 500.

Kamu juga dapat mengkombinasikan beberapa keyword turunan lainnya, yang dirasa masih dalam satu topik pada artikel yang akan di buat, dengan begitu perbendaharaan keyword yang dimiliki akan semakin banyak dan tak akan ada yang namanya kehabisa ide untuk menulis.

Baca Juga : Cara Mengatasi Fetch As Google Eror

Baiklah saya rasa sudah cukup untuk artikel kali ini yang menceritakan pengalaman saya mengenai Cara Mudah Riset Keyword Untuk Blogger Pemula, dan alkhamdulillah dengan melakukan cara di atas setelah 2 bulan aktif update artikel akhirnya trafik mulai naik dengan sendirinya.

Perbanyak membaca dan lakukan hal yang kamu ketahui dengan begitu kamu akan selalu bisa berkembang dengan tanpa di sadari.

Selamat mencoba semoga berhasil dan semoga menjadi manfaat untuk semuanya.

About Tenarkan

2 comments

  1. Klo untuk kw turunan kenapa ko nyari yg pencariannya dibawah 500 om? Nnti sdikit dong trafik yang dibabat?

    • Ini kan untuk pemula…. alasannya karena untuk menjaring visitor yang sedikit dulu, kalau pencariannya di bawah 500 kita kan lebih enak bersaingnya, kalau web udah besar babat yg rame gak jadi masalah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *