Home / Otomotif / Cara Mengatasi Mesin Mobil Kurang Bertenaga Atau Ngempos

Cara Mengatasi Mesin Mobil Kurang Bertenaga Atau Ngempos

kebanyakan pengendara mobil pasti sering mengalami keadaan mesin yang kurang bertenaga atau ngempos khususnya saat melewati medan yang terjal dan menanjak curam contohnya jalan menanjak menuju tempat wisata puncak, pada dasarnya setiap jenis mobil memiliki spesifikasi tersendiri. Namun jika anda sering mengalami hal ini silahkan anda menyimak artikel yang saya buat dibawah untuk sekedar mengatsi permaslahan nya.

Cara Mengatasi Mesin Mobil Kurang Bertenaga Atau Ngempos

Cara Mengatasi Mesin Mobil Kurang Bertenaga Atau Ngempos

 

Tenaga mesin kendaraan lama kelamaan pasti akan berkurang, terutama pada saat menempuh perjalanan yang jauh. anda sebagai pengemudi akan sangat baik jika mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Dan berikut cara mengatasi mesin mobil yang sudah tidak bertenaga.

  1. Pengguaan Bahan Bakar (BBM)

Untuk mesin, penggunaan bahan bakar merupakan salah satu faktor yang memperngaruhi tenaga pada komponen-komponen mesin. jika penggunakan bahan bakar yang buruk atau misal ada campuranya itu akan membuat performa mesin akan menurun, jika sebaliknya anda menggunakan bahan bakar terbaik maka performa mesin mobil anda akan optimal dan menghasilkan tenaga yang maksimal.

  2. Overheating Pada Mesin (Mesin Terlalu Panas)

Jika mesin anada mengalami overheating atau mesin terlalu panas, hal ini akan mengakibatkan komponen-komponen yang terdapat pada mesin akan mengalami pemuaian secara ekstrim, hal ini sering terjadi pada komponen piston dan selinder.

Jika piston memuai, maka pergesekan piston dengan bagian dinding silinder akan menjadi lebih besar. Tentunya hal ini akan membuat gerakannya menjadi jauh lebih berat dan otomatis akan membuat tenaga mesin kendaraan semakin berkurang. Biasanya overheating ini terjadi karena kerja sistem pendingin yang sudah tidak maksimal dan cara mengatasinya dengan memperbaiki sistem pendinginan yang sudah tidak bekerja maksimal.

3. Kurangnya Pasokan Udara

Udara merupakan salah satu indikator yang sangat mempengaruhi kerja output pada mesin, jika penggunaan udara yang lebih dingin maka memiliki efek yang leih baik untuk mesin, dikarenakan pasokan udara yang dingin memiliki molekul yang lebih kecil sehingga pasokan udara yang digunakan akan maksimal.

Hambatan udara ini bisa terjadi pada bagian filter udara yang kotor, maka tidak mungkin jika tidak menghalangi pasokan udara yang masuk kemesin, dan cara mengatsinya adalah sebelum anda melakukan perjalan sebaiknya anda membersihkan atau menggati filter udara anda yang sudah usang atau kotor terselimuti debu.

4. Pengapian Yang Bermasalah

Kurangnya pengapian pada mesin adalah salah satu faktor penyebab turunya tenaga pada kendara, karena pengapian sudah sangat jelas yang menentukan tenaga pada kendaraan, hal ini berhubungan dengan kinerja proses pembakaran pada mesin. Jika kerja sistem pengapian bermasalah sudah pasti tenaga kendaraan juga akan menurun.

Kurangnya pengapian pada mesin biasanya diakibatkan oleh banyak hal, diantaranya adalah kerusakan pada kabel busi, koil maupun busi dari kendaraan anda sendiri. Dan cara mengatasinya adalah dengan memerikasa komponen kelistrikan pada mesin jika menemui komponen yang sudah tidak bekerja secara maksimal sebaiknya anda langsung menggantinya.

5. Busi Kotor

Tak jauh dengan yang diatas busi adalah komponen mesin yang vital, apabila busi kotor akan menggangu sistem pembakaran, dan cara mengatasinya sangatlah mudah tinggal anda membersihkan busi atau bahkan anda menggati busi dengan yang baru utuk performa yang optimal.

6. Turbo Vane Bermasalah

Setiap turbo dilengkapi dengan mekanisme turbo vane, yang berfungsi untuk mengatur boost pressure dari dari turbo. Jika boost pressure tidak diatur, maka dapat mengakibatkan overboost atau suplai udara yang berlebihan sehingga akan meningkatkan rasio kompresi akibatnya mesin bisa saja knocking dan overheating.

Apabila anda mengalami hal seperti ini, sebaiknya anda memberikan sebuah katup khusus yang akan terbukan dan tertutup secara otomatis ssuai kebutuhan udara yang dibutuhkan oleh mesin. Jika sistem pengatur katup ini bermasalah, seperti pembukaan katup tidak pas, maka pasokan udara akan mengalami kekurangan atau uderboost, sehingga tenaga mesin akan berkurang.

  7. Beban Yang Berlebihan

Beban yang berlebihan pada kendaraan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penurunan tenaga mesin kendaraan, karena dengan anda membawa beban berlebihan maka kendaraan anda memerlukan tenaga yang lebih untuk berjalan maka saat anda menginjak pedal gas dengan dalam, tapi kendaraan anda masih saja pelan. solusinya dengan menaati batas beban yang tertera pada spesifikasi kendaraan anda.

Lihat Juga : Pengertian Injeksi (EFI) Berserta Fungsi Dan Cara Kerjanya

Nah itulah cCara Mengatasi Mesin Mobil Kurang Bertenaga Atau Ngempos, jika anda memiliki masalah yang lain seputar otomotif silahkan bertanya melalui kolom komentar yang tersedia dibawah. dan semoga bermanfaat untuk kita semua terimakasih.

About Arif Arif

Check Also

Mobil Listrik buatan ITS

Info Terbaru Mobil Listrik buatan ITS Siap Lomba Reli

Info Terbaru Mobil Listrik buatan ITS Siap Lomba Reli Info Terbaru Mobil Listrik buatan ITS …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *