Home / Otomotif / Cara Mengatasi Mesin Diesel Yang Masuk Angin Dengan Mudah

Cara Mengatasi Mesin Diesel Yang Masuk Angin Dengan Mudah

Cara Mengatasi Mesin Diesel Yang Masuk Angin Dengan Mudah || Mesin deisel adalah mesin yang menggunakan bahan bakar solar dan memiliki tenaga yang besar, maka dari itu mesin deisel dipilih untuk mesin mobil yang berbobot atau kendaraan berat, karena lebih kuat dan ekonomis dibandingkan dengan mesin yang menggunkan bahan bakar bensin. Jika menggunakan mesin dengan bahan bakar bensin maka akan lebih boros dan kurang ekonomis. Dan kali ini saya ingin membahas tentang salah satu masalah yang sering terjadi pada mesin deisel ini yaitu mesin deisel yang masuk angin, masuk angin disebabkan oleh adanya sejumlah udara didalam sistem bahan bakar.

Karena cara kerja sistem bahan bakar diesel dirancang agar mampu menyemprotkan sejumlah solar dalam bentuk kabutan saat kondisi tekanan kompressi pada puncaknya. Untuk membuat solar bisa berlaku demikian, diesel fuel system menganut high pressured pump yang bisa menekan solar ke injektor hingga 20.000 Kg/cm2. Solar bertekanan ini akan diolah menjadi kabutan oleh injektor yang dirancang khusus.

Maka saat ada udara yang terjebak didalam saluran bahan bakar sedikit maupun banyak, akan menyebabkan tekanan bahan bakar menjadi tidak stabil karena saat pompa menekan bahan bakar tekanan tersebut akan diserap oleh udara yang bersifat bisa dikompresi tersebut. Alhasil bahan bakar pun tidak bisa keluar dari injektor. Dan berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi mesin deisel yang masuk angin :

Penyebab Mesin Deisel Masuk Angin

Cara Mengatasi Mesin Diesel Yang Masuk Angin Dengan Mudah

1. Udara Yang Masuk Melalui Tanki Saat Bahan Bakar Habis

Ini sering terjadi karena kelalaian pengendara yang sering lupa mengisi bahan bakar atau yang baru mengisi bahan bakar jika sudah habis. Jika hal ini terjadi saat tanki kosong itu wajar saja, karena disaat tangki kosong (kehabisan solar) atau solar tinggal sedikit, karena saat solar akan masuk kedalam sistem pembakaran maka udara akan sangat mudah ikut masuk dalam sitem pembakaran dalam volume yang besar dan akan terjebak pada sistem pembakaran yang akan mengganggu keluarnya bahan bakar dari injektor atau nozel.

Pada akhirnya saat di isi solar kembali akan  susah untuk dihidupkan, jika hal ini sudah terjadi maka jangan memaksaka n untuk menghidupkan mesin karena itu hanya akan sia sia dan menghabiskan batrai saja.

2. Pelepasan Pada Komponen Injektor

Dalam mesin deisel komponen injektor sangat lah vital dan juga sangat berpotensi menyebabkan mesin masuk angin, ini terjadi saat ada masalah pada komponen injektor maka secara otomatis akan dibongkar bagian injektornya untuk diperbaiki, Maka saat proses pelepasan ini udara bisa saja masuk kedalam selang dan saat injektor dipasang kembali maka udara yang masuk akan terjebak dan menyebabkan mesin masuk angin.

3. Penggantian Filter Solar

Komponen filter solar juga termasuk dalam komponen internal fuel supply yang berada pada tengah antara pompa injeksi dan tanki bahan bakar. Pada saat dilakukannya pengnggantian filter solar maka mengharuskan untuk membuka saluran masuk (in) dan keluar (out) solar, pada saat pembukaan saluran ini sistem bahan bakar akan terputus dan menyebabkan udara masuk dan terjebak.

Namun ada juga mobil yang menggunakan sistem filter bahan bakar yang bisa langsung diambil tanpa membukan saluran bahan bakar (selang) namun juga bisa masuk angin, ini terjadi karena saat melepas element filter akan ada tumpahan bahan bakar dalam filter, dan saat pemasangan filter baru, maka ruang itu akan kosong yang secara otomatis berikikan udara, dan akhirnya udara tersebut terjebak dalam sistem bahan bakar.

Jika sudah terjadi masuk angin pada mesin deisel maka solusinya adalah melakuakn proses bleeding. Bleeding adalah  skema ini dipelajari seperti pembuangan angin pada sistem rem hidrolik, yang memiliki karakter sama seperti sistem bahan bakar deisel, tetapi pada sistem bahan bakar deisel tidak ada tuas untuk memompanya maka harus menggunakan komponen khusus yang bernama primming pump yang terletak pada line sistem bahan bakar diesel.

Baca Juga : Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Yang Pincang

Cara Mengatasi Mesin Diesel Yang Masuk Angin Dengan Mudah

Sebelum lanjut ke Cara Mengatasi Mesin Diesel Yang Masuk Angin, sistem pembakaran mesin deisel itu dibagi menjadi dua yaitu diesel konvensional dan diesel common rail, kedua sistem ini sama-sama menggunakan tekanan solar, perbedaan nya terletak pada operasional injektor nya, pada pada sistem konvensional pembukaan injektor diatur oleh pompa injeksi sementara pada common rail sudah dikontrol secara elektrik. Beda operasionalnya maka beda juga teknik bleedingnya juga berbeda.

1. Bleeding Pada Mesin Deisel Konvensional

Cara Mengatasi Mesin Diesel Yang Masuk Angin Dengan Mudah

Mesin deisel sistem konvensional yang umumnya masih digunakan pada mesin deisel truk dan bus, proses bleeding dilakukan dengan cara memompa primming pump untuk mengeluarkan udara dari sistem. Prinsipnya, saat tekanan bahan bakar ditingkatkan maka udara akan dikompresi dan akan bergerak ke arah tekanan yang lebih kecil. Dan berikut langkah-langkah bleeding pada mesin deisel konvensional :

– Langkah pertama harus memperkirakan volume udara yang terjebak didalam sistem, jika udara yang terjebak cukup banyak seperti saat kehabisan solar maka langkah pertama yakni cari baut bleeder dan buka baut itu hingga ada aliran solar keluar dari dalam lubang. Jika tidak ada, anda bisa mengendorkan salah satu injektor hingga solar keluar.

– Langkah kedua cari letak primming pump, biasanya primming pump terletak diatas saringan bahan bakar, atau ada pula yang terletak di dekat pompa bahan bakar mekanis.

– Langkah Ketiga cukup tekan dan pompa hingga ada aliran solar keluar dari dalam baut bleeder yang biasanya disertai dengan gelembung udara atau busa. Terus tekan hingga gelembung tersebut habis.

– Langkah keempat saat selesai, tutup baut bleeder atau kencangkan injektor jika tidak dilengkapi baut bleeder.

– Langkah Kelima pompa kembai primming pump hingga terasa berat. Proses ini diakukan untuk menggiring udara sisa agar bergerak ke ujung dalam hal ini injektor.

– Langkah keenam Saat pompa telah keras, langsung hidupkan mesin mungkin di awal start akan sedikit lama untuk menghidupkan mesin namun biasanya ada juga yang saat proses start yang pertama mesin langsung hidup.

Jika mesin tidak juga hidup, lakukan langkah ini berulang-ulang sampai udara yang terjebak keluar semua.

2. Bleeding Pada Mesin Diesel Common Rail

Cara Mengatasi Mesin Diesel Yang Masuk Angin Dengan Mudah

Sistem bahan bakar deisel common rail, sebenarnya tidak jauh beda dengan sistem bahan bakar konvensional, perbedaanya hanya pada operasional nya saja yang sudah menggunakan ECU (electronic control unit), yang akan mengatur jumlah bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam sistem pembakaran jauh lebih ideal yang mengakibatkan kinerja mesin deisel lebih optimal.

Proses bleeding pada sistem common rail lebih mudah, karena tidak perlu memompa seperti sistem konvensional, karena pada sistem ini tidak terdapat primming pump. Dan berikut langkah-langkah bleeding mesin deisel sistem common rail :

Pertama pastikan seluruh saluran bahan bakar sudah tersambung dengan kencang, yang harus dilakukan adalah bleeding otomatis dengan kunci kontak. Dengan cara memutar kunci kontak pada posisi on maka semua indikator yang ada pada dashboard akan menyala, lalu saat semua lampu indikator mati putar kembali kunci kontak pada posisi off. Lakukan langkah ini minimal sebanyak tujuh kali, setelah ini baru bisa dihidupkan.

Proses bleeding sistem common rail diatas dilakuakan secara otomatis melalui kunci kontak, namun sebenarnya yang melalukan bleeding adalah komponen yang bernama electric fuel pump yang letaknya di dalam tanki bahan bakar, pada saat kunci kontak diputar pada posisi on maka komponen tersebut akan menyala beberapa detik yang ditandai dengan lampu indikator yang ada pada dashboard.

Walaupun mesin sudah bisa dihidupkan bukan berarti mesin sudah normal, bisa saja saat mesin dimatikan akan susah kembali dihidupkan. Ini dikarenakan masih ada sisa udara yang terjebak didlamanya, sehingga tekanan drop udara kembali mengembang. Mesin diesel akan kembali normal saat sudah kita gunakan hingga beberapa jam.

Mungkin itu saja solusi untuk cara mengatasi mesin diesel yang masuk angin dengan mudah, jika kamu punya pertanyaan seputar otomotif silahkan kamu bertanya melalui komentar yang tersedia pada kolom komentar dibawah. terimakasih dan semoga bermanfaat.

About Arif Arif

Check Also

Menghilangkan Getaran Pada CVT Motor Matic

Cara Menghilangkan Getaran Pada CVT Motor Matic Dengan Mudah

Cara Menghilangkan Getaran Pada CVT Motor Matic Dengan Mudah || Halo kawan bertemu kembali dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *