Home / Pertanian / Cara Menanam Buah Tin Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Buah Tin Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Buah Tin Dalam Pot Agar Cepat Berbuah – Buah Tin (Ficus l.) atau buah Ara tentu saja sobat sudah tau apa itu. Buah yang tersebut dalam kitab sucinya umat Islam yaitu Al-Qur’an, merupakan buah yang sangat ajaib. Spesies yang banyak ditemukan di daerah Asia Barat Daya, Timur Tengah dan sekitar Laut Tengah (dari Afganistan sampai Portugal), dan dibudidayakan sejak zaman purba karena buahnya banyak memberikan man faat. Bukan hanya menjadi makanan bagi manusia, Buah ini merupakan sumber makanan yang penting bagi banyak hewan liar.

Cara Menanam Buah Tin
Cara Menanam Buah Tin

Dalam segi manfaat Buah tin termasuk salah satu buah yang memiliki banyak kandungan dan kaya akan manfaat terlebih lagi dari segi manfaat untuk kesehatan. Sebut saja seperti kandungan Coumarin yang dapat mencegah datangnya penyakit kanker Prostat, buah tin juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah penyakit Osteoporosis dan menambah tingkat kepadatan tulang anda. Sangat cocok bagi anda yang alergi terhadap susu.

Cata Menanam Buah Tin Dalam Pot

Bagi Anda yang ingin mendapatkan bibit buah tin yang baik, sebaiknya anda mengetahui jenis-jenis buah tin yang cocok di tanam di daerah anda. Bagi anda yang menginginkan bibit berkualitas baik , anda bisa mendapatkan dengan dua cara yaitu, dengan stek dan cangkok.

Pohon tin termasuk tanaman yang hidup di tempat panas, sehingga usahakan area tanam yang akan anda tanami pohon buah tin adalah area yang terkena sinar matahari secara langsung dan maksimal. Pada kondisi panas yang maksimal pertumbuhan pohon tin akan optimal. Lubangi tanah pada tempat yang akan ditanami pohon buah tin seukuran polybag tempat bibit pohon buah tin di semai.

Baca Juga : Cara Mudah Budidaya Buah Tin

Tata Cara Menanam Pohon Tin

  • Buat lubang dahulu pada media pot, biarkan lubang yang sudah dibuat selama tiga hari sebelum akhirnya ditanami bibit pohon tin. Masukan pupuk kandang ke dasar lubang sebagai pupuk dasar kemudian, masukan bibit dan timbun kembali dengan tanah. Bibit pohon buah tin yang sudah bisa dipindahkan dari persemaian biasanya adalah bibit yang sudah setinggi 60 cm, berdaun sempurna, dan berbatang tegak dengan diameter 1 cm.Tips Cara Menanam Buah Tin Hasil Melimpah

Jika dulu menanam buah-buahan identik pada tempat lapang yang terbuka, tentu akan menjadi hal yang sangat menyulitkan bagi kita yang terbatas oleh lahan. Pohon buah tin tidak hanya bisa ditanam di area terbuka tapi ternyata juga bisa ditanam didalam pot.

Berikut adalah cara menanam buah tin didalam pot, mari ikuti langkah-langkahnya :

  • Siapkan pot dengan ukuran diameter 50 cm dan tinggi sekitar 60 cm.
  • Usahakan pot yang akan digunakan adalah pot yang terbuat dari tanah liat keuntungan menggunakan tersebut karena dapat menjaga kelembapan tanah dengan lebih baik dibandingkan pot yang terbuat dari plastik.
  • Pot yang dipilih harus memiliki dasar yang berlubang yang berguna sebagai jalan bagi air agar tidak menggenang di dalam pot.
  • Pada bagian dasar pot, isi dengan pecahan genting atau krikil/Batu.
  • Media tanam terdiri dari tanah, sekam, dan sabut kelapa dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Hal Terpenting Selanjutnya Agar pohon Tin Cepat Berbuah

Pemeliharaan berkelanjutan memberikan kita pengawasan penuh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman, sehingga kita dapat mengontrol dan memproteksi lebih dini dari hal-hal yang tidak di inginkan.

  • Penyiraman merupakan faktor utama pertumbuhan tanaman. Meskipun pohon tin menghendaki sinar matahari maksimum, akan tetapi buah tin juga membutuhkan air. Penyiraman dapat dilakukan dua sampai tiga hari, menyesuaikan dengan kelembaban tanah.
  • Jangan Pernak Meletakkan pot Pohon tin di tempat yang terhalang cahaya matahari karena akan memengaruhi proses pertumbuhan tanaman.
  • Faktot lain yang memengaruhi pertumbuhan tanaman adalah pemupukan yang sesuai dan seimbang Anda dapat menggunakan pupuk NPK dan pupuk kompos untuk mendrorong laju pertumbuhan tanaman.
  • pengendalian hama penyakit, perihal kedatangan hama dan penyakit, silakan mengambil hama secara manual atau membuang bagian tanaman buah tin yang terserang penyakit. Kalau pun cara manual selalu gagal, alternatif lainnya adalah pestisida. Penggunaan pestisida Hanya menjadi alternatif terakhir, hal itu pun perlu mempertimbangkan kondisi tanaman atau disesuaikan dengan anjuran dan takaran.

Budidaya buah tin di dalam pot mampu menghasilkan atau panen setelah empat bulan penanaman. Hal lain yang diidamkan dari tanaman buah tin adalah panen tanpa kenal musim. Mudah bukan, semoga apa yang kami bagikan bisa memberi manfaat.

About Imam Imam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *